“Mendaki Lebih Tinggi”


Mazmur 42:2-6
MENERIMA
Berdoalah agar saudara selalu hidup dalam kebenaran dan mengenal kebenaran sehingga mengalami hidup yang lancar supaya dapat menjadi berkat dan mengasihi orang lain.
MERENUNGKAN
1. Apakah yang sangat dirindukan oleh seekor rusa? (1) Apa yang menyebabkan hal itu? (3a)
...........................................................................................
2. Apakah dirindukan oleh jiwa si Pemazmur? (2b-3)
...........................................................................................
3. Kondisi yang bagaimana sehingga si Pemazmur mengalami kerinduan itu? (4-6)
............................................................................................
PENGAJARAN
Dipercayai bahwa Dionysius dari Areopagus (Kisah 17:34),  yang kemudian martir Kristen pada masa pemerintahan Kaisar Domitian. Ia memiliki beberapa tulisan, yang telah menjadi sumber inspirasi bagi banyak bapa gereja dan anak-anak Tuhan dalam mendaki lebih tinggi bersama Tuhan Allah. Dalam buku itu terungkap bagaimana memulai, mengerti dan bertumbuh lebih tinggi dalam pendakian bersama Allah. Ada 3 jalan yang harus dilakukan, yaitu melalui permurnian, pencerahan dan penyatuan. Pencarian akan Allah tidak hanya melalui pengetahuan tetapi kerinduan atau kasih yang menggebu-gebu. Kalau hanya melalui pengetahuan akan menghasilkan kesombongan, sedangkan kasih menghasilkan kebangunan. Dia menyatukan hal itu dengan mengajak umat untuk belajar mengasihi Allah melalui pikiran yang telah dimurnikan. Ketiga unsur itu bahu membahu dalam pendakian yang lebih tinggi.

Pemazmur menggambarkan sebuah kegelisahan yang amat dalam. Kegelisahan jiwani karena tekanan psikologis atas kedegilan manusia yang tidak percaya akan keberadaan Allah. Dalam kegelisahan itu pemazmur berharap untuk diperbolehkan mendatangi hadirat Allah, sebab dia yakin bahwa Allah yang dipercayainya adalah Allah yang ada dan hidup. Pemazmur memiliki kehausan yang dalam dan mencari pemuasan kepada obyek yang tepat sekali, yaitu hanya kepada Tuhan Allah. Tiada kegundahan jiwa yang bisa terselesaikan selain hanya melalui penyatuan jiwa bersama sang Pencipta jiwa itu sendiri, yaitu Allah Pencipta. Dalam Dialah jiwa dapat dimurnikan dan mendapatkan pencerahan kembali sehingga mampu berjalan dalam kehendak Allah. Biarlah setiap saudara juga memiliki kehausan yang sama dan mendapatkan kepuasan yang tepat ketika saudara hidup di dalam komunitas sel yang tersedia di GKKK TKI.
MELAKUKAN
Tuliskanlah tindakan atau aksi yang saudara akan lakukan untuk menunjukkan kasih dan perhatian saudara bagi jemaat Tuhan dalam seminggu ini!
 .............................................................................................
MEMBAGIKAN
Bagikanlah berkat-berkat yang saudara dapatkan ketika mengkuti komsel kepada rekan kerja, rekan komsel dan handai taulan.
Ayat Hafalan : Mazmur 42:2

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”