“Menjadi Ekspresi Kehadiran Allah”


1 Korintus 14: 24-26
MENERIMA
Bacalah firman ini dengan hati yang haus sambil berdoa agar Tuhan memberikan pengertian dalam renungan hari ini.
MERENUNGKAN
1. Apakah yang terjadi pada orang baru atau orang tidak beriman, ketika semua anggota jemaat dasar bernubuat? (ayat 24-25)
..................................................................................................................................................
2. Hal apakah yang terjadi pada orang baru atau orang tidak beriman, apabila semua anggota jemaat dasar bernubuat? ( 24-25)
..................................................................................................................................................
3. Jadi hal apakah yang seharusnya terjadi di dalam setiap pertemuan? (26)
..................................................................................................................................................
PENGAJARAN
Allah sangat ingin dalam suatu pertemuan jemaat memiliki gairah mengekspresikan kehadiran Allah dengan membangun iman atau kerohanian sesama, karena perjumpaan Allah dalam hidup saudara. Perjumpaan dimana saudara mengalami sesuatu yang berbeda tentang pemahaman saudara akan siapa Allah, apakah peran Dia dalam hidup saudara, dsb.

Bernubuat berarti penyampaian pesan Allah bagi umat oleh nabi-Nya. Dalam konteks saat kini, maka bernubuat bisa diartikan ‘mengekspresikan kehadiran Allah di tengah-tengah persekutuan’. Dalam konteks kekinian, ‘dapat’ juga dikatakan umat Tuhan sebagai ‘nabi’ Allah ketika dia bersaksi akan pengalaman rohaninya bersama Tuhan, kebangunan rohani apa yang didapatnya agar orang yang mendengar terbangun imannya. Atas anjuran rasul Paulus agar jemaat bermazmur, mengajar, berbahasa roh atau bernubuat (ayat 26) maka jemaat Korintus dapat membangun persekutuan itu sehingga orang lain yang hadir dapat merasakan kehadiran Allah (ayat 25). Disini, setiap anggota jemaat Korintus makin mengerti fungsi dan peranannya di dalam tubuh Kristus, yaitu terbangunnya komunitas yang mengakui dan menyembah-Nya.

Saudara, dengan semakin banyak komunitas orang-orang percaya yang terbeban untuk melibatkan diri dalam mengekspresikan kehadiran Allah, maka otomatis akan banyak mereka belum mengakui Tuhan Allah akan datang untuk bersekutu dan berlutut menyembah Allah. Adakah komunitas saudara sudah memiliki benih-benih seperti ini?
MELAKUKAN
Tuliskanlah hal-hal yang dapat saudara doakan dan lakukan bagi komunitas sel atau anggota komsel saudara agar mereka setia dan rindu bersekutu dalam komsel?
 ......................................................................................................................................................
MEMBAGIKAN
Bagikanlah berkat-berkat rohani yang saudara terima ketika saudara menghadiri komsel kepada orang-orang yang terlibat dalam komsel agar mereka mengalami hal yang sama.
Ayat Hafalan : 1 Korintus 14:25

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”