“Tidak Bisa Menjaga Rahasia”


Amsal 25:9-11
MENERIMA
Berdoalah agar melalui firman hari ini, saudara disadarkan untuk menjadi pribadi yang dapat menjaga rahasia orang lain khususnya dalam hidup ber-komsel di gereja.
MERENUNGKAN
1. Mangapa hal tidak membuka rahasia orang lain - penting dalam hidup ber-komsel? (9)
..................................................................................................................................................
2. Apakah para anggota komsel saudara bisa memelihara rahasia?
..................................................................................................................................................
3. Apa yang terjadi pada komsel saudara, jika anggotanya tidak bisa memelihara rahasia?
..................................................................................................................................................
PENGAJARAN
Sungguh benar apa yang dikatakan oleh banyak orang bahwasannya lidah adalah bagian kecil dari tubuh seseorang tetapi sangat besar perannya. Dengan mulut atau lidah, seseorang dapat berkata, bernyanyi, berteriak, bersorak, berkomentar, bertanya, memuji, mengutuk, mengeluh, memfitnah, menyindir, menghina, dll. Dengan lidah yang sama, dia bisa melakukan hal yang positif dan negatif dalam waktu yang bersamaan. 

Pada nats bacaan pada hari ini, penulis Amsal menghubungkan antara lidah, mata, hati, dengan keberadaan diri seutuhnya. Apakah artinya? Pengamsal ingin menyatakan bahwa ketika lidah berucap hendaklah didasarkan kecermatan mata, kemurnian hati, dan totalitas diri. Salah satu hal positif yang bisa dilakukan berkenaan dengan lidah ini adalah menggunakan bukan untuk bergosip atau membicarakan kelemahan orang tetapi memanfaatkan dengan menjaga rahasia orang lain (ayat 9). Dalam konteks hidup ber-kelompok kecil (baca: komunitas sel alias komsel) di gereja, maka perihal menjaga rahasia ini adalah suatu keharusan. Karena komsel sendiri adalah suatu tempat untuk belajar mempraktikkan hubungan kekeluargaan berupa kepedulian satu sama lain, kasih persaudaraan, rasa saling memiliki, atau menyayangi dan saling melindungi atau menjaga satu sama lain.  Ketiadaan rahasia alias membuka rahasia anggota komsel yang lain, tentu saja bukanlah tindakan yang mencerminkan sikap peduli, sikap mengasihi, dan sikap menjaga satu sama lain, tetapi menghancurkan saudara seiman lainnya.

Jadi saudara sekalian, demi kehidupan komsel saudara yang sehat, hendaklah saudara bisa dan akan selalu bisa memelihara dan bukannya membuka rahasia orang lain.  


MELAKUKAN
Tuliskanlah kekurangan dalam komsel saudara dan doakanlah agar komsel saudara menuju arah yang lebih baik melalui peran serta saudara!
 ......................................................................................................................................................
MEMBAGIKAN
Bagikanlah kekurangan komsel saudara kepada jemaat atau anggota komsel lainnya agar mereka bisa saling mendoakan komselnya untuk makin bertumbuh dewasa.
Ayat Hafalan:  Amsal 20:19

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”