“Wadah Memobilisasi Jemaat”


Yohanes 4:31-38
MENERIMA
 Berdoalah supaya berkat firman hari ini, mendorong saudara yang sudah mengikuti komsel makin tekun mengajak jemaat yang belum untuk juga menikmati keindahan komsel.
MERENUNGKAN
1. Masalah apakah yang dipersoalkan antara para murid dengan Tuhan Yesus? (31-33)
............................................................................................
2. Apakah yang menjadi fokus penting dari Yesus daripada masalah hidup sehari-hari? (34)
............................................................................................
3. Apakah yang diperlihatkan oleh Yesus kepada para murid-murid-Nya? (35-38)
.............................................................................................
PENGAJARAN
Komunitas umat Tuhan atau gereja tak sekedar menjadi suatu wadah untuk beribadah, menyembah dan menumbuh-kembangkan kasih kepada Allah, namun ia juga menjadi sarana untuk menggerakkan atau memobilisasi jemaat untuk melayani dan mengabarkan kabar baik kepada dunia di sekitar mereka. Oleh sebab itu, gereja bisa berkembang seperti saat ini bukan karena kehebatan atau kecanggihan sebuah program atau karisma pemimpin belaka, tetapi kegerakkan yang sama dari seluruh umat Tuhan, yang telah mengalami urapan Roh-Nya.

Setelah peristiwa kebangkitan, maka para murid-murid menularkan semangat hidup dan teladan Yesus pada murid-murid lainnya. Dan sejak itu terjadilah ledakan demi ledakan dalam kualitas dan kuantitas umat Tuhan. Orang-orang yang telah ditebus saling bertanggung jawab satu sama lain. Dan mereka saling menolong dalam kehidupan yang baru mereka, sehingga setiap orang menjadi dewasa, sebab tiada seorang pun yang dibiarkan bergumul sendirian. 

Dalam perikop ini, Yesus bukannya tidak membutuhkan makanan, tetapi janganlah hal-hal dunia mengabaikan atau malah mengaburkan fokus utama yang sudah diberikan Bapa kepada-Nya. Bagi Yesus yang ‘melaparkannya’ adalah jiwa-jiwa yang sedang menanti uluran keselamatan dari Tuhan Allah. Yesus mengatakan bahwa ‘tuaian’ sudah siap untuk diambil, terlebih mereka tidak perlu bersusah-susah karena orang lain sudah menabur lebih dahulu.

Marilah komunitas saudara, memiliki api yang sama seperti api yang dibawa para murid-murid setelah Tuhan Yesus mendatangi mereka dalam peristiawa kebangkitan. Ingat, tuaian jiwa sudah menguning, untuk siap dituai oleh saudara dan komunitas saudara.
MELAKUKAN
Tuliskanlah tindakan atau aksi yang saudara akan lakukan untuk menunjukkan kasih dan perhatian saudara bagi jemaat Tuhan dalam seminggu ini!
 .....................................................................................................
MEMBAGIKAN
Bagikanlah berkat-berkat yang saudara dapatkan ketika mengkuti komsel kepada rekan kerja, rekan komsel dan handai taulan.
Ayat Hafalan : Mazmur 42:2

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”