“Wadah Mengembangkan Karunia”


Efesus 1:11-14
MENERIMA
Berdoalah agar saudara makin diberikan hikmat untuk mengenali dan memanfaatkan karunia rohani saudara untuk menjadi berkati bagi orang lain.
MERENUNGKAN
1. Apakah yang akan mereka dapatkan dari janji firman Tuhan yang disampaikan Paulus? (11,14)
...............................................................................................
2. Apa tujuan dari pemberian ‘di dalam Kristus’ dan dijamin oleh Roh Kudus itu? (11b,12b,14b)
...............................................................................................
...............................................................................................
PENGAJARAN
Setiap perancang bangunan, selalu memiliki rancangbangun (blueprint) dari keseluruhan detil pekerjaan apa saja, kapan mulai, dariman ia akan memulainya, dsb. Pada umumnya, gedung bangunan yang sudah jadi tidak jauh berbeda dengan apa yang ada di dalam ‘blueprint’ tersebut. Demikian juga Allah ketika menciptakan dan menempatkan manusia agar mendiami dan memenuhi bumi ini. Sebuah rancangan yang indah bagi umat manusia (Yeremia 29:11).

Walau manusia keluar dari jalur rancangbangun dari Allah, yaitu ketika Adam dan Hawa jatuh dalam dosa, namun Tuhan Allah tidak lalai dan putus asa akan rencana-Nya bagi umat manusia. Allah juga tak kuatir, walau Iblis selalu mencoba menyimpangkannya. Maka, Allah mengutus Yesus, yang mati, untuk menarik kembali manusia  (ayat 7) dan mengutus Roh-Nya untuk memelihara dan memperlengkapi mereka agar bisa hidup sesuai tujuan semula dari Allah (Yohanes 14:26; 16:13). Ketika mereka kembali kepada Allah, maka mereka sekalilagi diinsafkan untuk memahami rancangbangun Allah atas mereka. Ingat! Setiap rancangbangun Allah atas manusia bersifat unik dan khusus. Setiap orang pasti memiliki karunia tersendiri dalam suatu bidang pelayanan, sebagai penunjang dalam menggenapi panggilan Tuhan.
Saudara berada di zaman ini bukan ada secara kebetulan belaka. Allah Bapa berjanji memberikan segalanya melalui ‘bantuan’ dari Roh Kudus (ayat 11) agar saudara dapat hidup sesuai dengan rancangbangun Allah bagi saudara dalam memuliakan Allah, selama di dunia ini. Jadi saat saudara terjun dalam pelayanan, karunia-karunia akan diberikan untuk memperlengkapi saudara dan bagi anggota tubuh Kristus lainnya. Itu sebabnya, saudara tidak bisa seorang diri, tetapi membutuhkan suatu komunitas untuk mengembangkan karunia-karunia yang saudara miliki.
MELAKUKAN
Tuliskanlah tindakan atau aksi yang saudara akan lakukan untuk menunjukkan kasih dan perhatian saudara bagi jemaat Tuhan dalam seminggu ini!
 .............................................................................................................
MEMBAGIKAN
Bagikanlah berkat-berkat yang saudara dapatkan ketika mengkuti komsel kepada rekan kerja, rekan komsel dan handai taulan.
Ayat Hafalan : Mazmur 42:2

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”