“Wadah Penjangkauan keluar”


Pengkhotbah 4:9-12
MENERIMA
Berdoalah kepada Tuhan agar ia menolong anda untuk jujur di dalam uang di dalam kehidupan pribadi, keluarga maupun bisnisa.
MERENUNGKAN
1. Menurut saudara, apakah maksud dari ayat 9-12 ?
.................................................................................................
2. Apakah makna rohani dari nasehat si Pengkhotbah ini?
.................................................................................................
.................................................................................................
PENGAJARAN
Komunitas atau kelompok sel dibutuhkan semata-mata untuk mencapai tujuan Allah melalui gereja-Nya, yaitu setiap jemaat yang sudah mengalami penebusan dari Allah tidak hanya, datang, duduk dan mendengar firman Tuhan, lalu pulang! Tuhan Allah ingin setiap umat Tuhan saling menguatkan, saling memperhatikan, saling menasehati dan saling menjaga sesamnya, agar mereka boleh teguh dan setia sampai akhir hidup mereka (Wahyu 3:20 - “hendaklah engkau setia sampai mati, dan Aku akan mengaruniakan kepadamu mahkota kehidupan.”).

Komunitas sel menjadi suatu sarana agar setiap umat Tuhan dapat disadarkan bahwa mereka hidup diberkati adalah untuk memberkati orang lain. Yesus selama di dunia telah memilih 12 murid, lalau Dia mengajar, melatih, mempersiapkan dan mengutus mereka untuk meneruskan tugas-Nya, yaitu menjaga yang di dalam dan menjangkau keluar. Jadi para murid dipersiapkan agar mampu menjadi pengemban Amanat Agung Kristus secara bertanggung jawab. Pengkhotbah mengatakan bahwa kalau penugasan itu dilakukan bersama-sama, secara bergotong-royong, keroyokan tentu akan menjadi lebih ringan, lebih semangat, lebih memiliki power (kuasa - ayat 9-11). Sebaliknya, jika ada yang putus asa, jenuh/boring, kecewa, tidak mampu lagi karena terlalu berat, atau alami perjalanan yang terjal, maka di antara anggota komunitas sel bisa saling meneguhkan, saling menguatkan, dan saling menjaga (ayat 12) agar tugas itu dapat dilakukan sampai akhir hidup mereka.

Bagaimana dengan kondisi komunitas sel dan kerohanian saudara? Adakah komunitas sel saudara menjadi suatu tempat yang nyaman, sebagai tempat persinggahan yang meringankan kembali beban saudara, atau wadah ‘charger’ yang menyemangati baterai rohani saudara?
MELAKUKAN
Tuliskanlah tindakan atau aksi yang saudara akan lakukan untuk menunjukkan kasih dan perhatian saudara bagi jemaat Tuhan dalam seminggu ini!
 ...........................................................................................................
MEMBAGIKAN
Bagikanlah berkat-berkat yang saudara dapatkan ketika mengkuti komsel kepada rekan kerja, rekan komsel dan handai taulan.
Ayat Hafalan : Mazmur 42:2

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”