“Dibutuhkan Kesepakatan”


1 Samuel 20:3-9
MENERIMA
Berdoalah agar saudara mengembangkan persahabatan yang diwarnai dengan kesepakatan kasih setia dan yang menjunjung kebenaran.
MERENUNGKAN
1. Jenis persahabatan yang seperti apakah yang dialami oleh Daud dan Yonatan? (3-9)
..................................................................................................................................................
2. Mengapa Yonatan lebih 'memilih' Daud daripada ayahnya? (13)
..................................................................................................................................................
3. Hal apakah yang bisa kita pelajari dari sikap Yonatan ini?
..................................................................................................................................................
PENGAJARAN
Seperti apakah sahabat sejati itu? Dunia menawarkan persahabatan yang semu, sarat kepentingan, dan ambisi pribadi. Sudah menjadi fakta terbuka bahwa dalam berbagai arena kehidupan: politik, ekonomi, rumah tangga, bahkan agama, orang rela menjual 'sahabat'nya demi keselamatan bahkan 'keuntungan' diri sendiri. Syukur, dalam nats yang saudara baca hari ini, saudara dapat melihat persahabatan sejati. 

Bisa jadi Yonatan sebenarnya merasa serba salah: membela ayah atau sahabatnya? Bagi Yonatan, Saul adalah ayah sekaligus raja. Ia harus hormat dan tunduk kepada Saul. Sebaliknya, Daud adalah sahabat sekaligus kerabat, yang ditindas oleh seorang raja lalim, yang adalah ayah mertuanya sendiri. Namun Yonatan memilih membela Daud karena ia menjunjung kebenaran. Pembelaannya atas Daud bukan karena rasa kesetiakawanan semata, tetapi atas dasar kasih setia. Setia pada ikatan perjanjian yang pernah mereka ikat bersama, dan setia pada kehendak Tuhan (ayat 13b). Yonatan tahu bahwa Tuhan telah menyatakan pilihan-Nya atas Daud, bukan lagi pada Saul, ayahnya. Maka dirinya berani meyakini bahwa Daud pun akan memperlakukan Yonatan dan keluarganya dengan kesetiaan sama. Tuhan campur tangan dengan memberikan hikmat kepada mereka berdua untuk mengatur strategi agar dapat mengungkapkan isi hati Saul sebenarnya (ayat 5-7). Apapun hasil akhirnya, kasih setia harus dijunjung tinggi. 

Dalam konteks hidup ber-komsel, anak-anak Tuhan pun hendaknya mengembangkan persahabatan yang diwarnai dengan kasih setia dan yang menjunjung kebenaran. Syukur kepada Tuhan, Kristus telah menunjukkan dan memberi teladan kasih setia seperti itu.
MELAKUKAN
Doakanlah dan tuliskanlah orang-orang dalam komsel yang menjadi beban saudara agar setiap anggotanya yang mungkin ada sedikit masalah dalam relasi satu dengan lainnya dapat akur.
 ......................................................................................................................................................
MEMBAGIKAN
Bagikanlah pengalaman mengenai indahnya persahabatan yang didasarkan pada Tuhan Yesus yang telah saudara alami kepada rekan kerja, rekan komsel dan handai taulan.
Ayat Hafalan : Amsal 17:17

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”