“Seorang Pendamping Natanael”

Yohanes 1:45-49
MENERIMA
Berdoalah agar Saudara dimampukan untuk membawa dan menyakinkan orang lain bahwa Yesus adalah Juruselamat.
MERENUNGKAN
1. Apa yang dilakukan oleh Filipus? (45)
..................................................................
2. Mengapa Natanael ragu atas kesaksian Filipus? (46)
..................................................................
3. Apa yang terjadi pada diri Natanael? (47-51)
.................................................................
.................................................................
.................................................................
PENGAJARAN
Seorang ilmuwan Inggris bernama Thomas Huxley (1825-1895) sangat giat mendukung teori evolusi, sehingga ia mendapat sebutan "anjing buldognya Darwin". Sebagai seorang agnostik, ia percaya bahwa agama adalah takhayul yang berbahaya.Pada suatu hari Huxley bertanya kepada seorang kristiani yang sangat taat, "Apa arti imanmu bagimu?" Orang itu tahu kalau Huxley adalah orang yang skeptis. Ia diam sejenak, kemudian menjawab, "Anda sangat berpendidikan, dan Anda bisa menentang apa pun yang saya katakan."Huxley terus mendesaknya untuk menjelaskan mengapa ia menjadi seorang kristiani. Maka dengan tulus hati, orang itu menceritakan arti Yesus bagi dirinya. Huxley begitu tersentuh sehingga ia tidak mampu mendebatnya. Ia berkata dengan sungguh dan tulus, "Saya kagum akan iman Anda kepada Yesus.”
Kuasa ajakan Yesus yang menarik diri Filipus untuk menjadi murid-Nya, ternyata telah menguasai hati dan mendorongnya untuk menceritakan dan memperkenalkan Yesus pada Natanael, ia bercerita bahwa dirinya bertemu Yesus. Di tengah keraguan akan berita yang didengar (ayat 46), Filipus langsung mengajak Natanael bertemu muka dengan muka bersama Yesus. Memang dalam pelayanan, siapa pun akan menjumpai orang-orang yang masih dalam keraguan dan masih terus hidup dalam pemahaman lama. Mereka tetap begitu karena belum berjumpa secara pribadi dengan Tuhan Yesus. Filipus memang masih memiliki pemahaman yang serba sedikit tentang ke-Mesias-an Yesus Kristus, tetapi hal itu tidak menyurutkan dirinya untuk terus bersaksi tentang Yesus. Memang Natanael, pada dasarnya bukan meragukan ke-Mesias-an Yesus, namun ia perlu hati-hati untuk percaya (ayat 47b). Ketidaktahuannya itu terbayar ketika bertemu langsung dengan Yesus, hingga ia mengakui ke-Tuhan-an Yesus (ayat 49). Dan Tuhan menjanjikan hal lebih besar akan dialaminya.
Adakah Saudara sadar bahwa menjadi saksi adalah buah karya Roh Kudus? Walau demikian, Saudara tetap harus melakukan bagian Saudara, dan Tuhan melakukan bagian-Nya atas orang yang sudah didoakan dan diinjili itu.
MELAKUKAN
Lakukan sesuatu pada hari ini, agar orang lain bisa menjadi bagian dari anggota gereja Organik atau kerajaan Allah!
 ...........................................................................................
 ...........................................................................................
MEMBAGIKAN
Sharingkan berkat firman Tuhan hari ini pada orang-orang agar mereka tahu bahwa mereka saksi-saksi Allah.
Ayat Hafalan : Yohanes 1:45

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”