“Memahami SHAPE Anda”


Sebab Engkaulah yang membentuk buah pinggangku,
menenun aku dalam kandungan ibuku.” Mazmur 139:13.
Hanya Andalah Yang Dapat Menjadi Diri Anda! Tuhan mendesain kita masing-masing sehingga tidak ada duplikasi di dunia. Tiada orang yang persis sama dan tidak ada orang lain di dunia ini yang akan pernah mampu memainkan peran yang sudah Tuhan rencanakan untuk kita.
SHAPE: Menerapkan Kemampuan Anda
Kemampuan kita adalah talenta alami yang mengikuti kita sejak lahir. Sebagian orang mempunyai kemampuan berkata-kata. Orang lain mempunyai kemampuan atletik alami, unggul dalam koordinasi fisik. Sebagian lagi begitu ahli dalam matematika atau musik atau mekanika. Dan Tuhan masih memberikan kemampuan itu kepada banyak orang, supaya mereka dapat melayani-Nya. Jadi, semua kemampuan itu…
1.     Semua kemampuan berasal dari Tuhan. Kemampuan kita berasal dari Tuhan kemampuan itu sama pentingnya dan sama “rohaninya” dengan karunia rohani kita. Yang membedakan adalah kemampuan itu diberikan sejak kita lahir. Oleh sebab itu, tiada alasan untuk berkata “Saya tidak memiliki kemampuan untuk bisa melayani”. Kita adalah sekumpulan kemampuan yang dahsyat, ciptaan yang luar biasa dari Tuhan. Bagian dari tanggung jawab gereja adalah mengindentifikasi dan melepaskan kemampuan kita untuk melayani Tuhan.
2.     Dapat dipakai untuk kemuliaan Tuhan. Paulus berkata, “Jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya untuk kemuliaan Allah.” Banyak contoh dalam Alkitab berbagai kemampuan yang dipakai Tuhan untuk kemuliaan-Nya. Tuhan mempunyai tempat di gereja-Nya di mana keahliaan kita dapat bersinar dan dapat menonjol. Terserah kepada kita untuk mencari tempat itu. Tuhan memberikan kepada sebagian orang kemampuan untuk menghasilkan banyak uang [Kel 8:18]. Jika kita mempunyai kemampuan menghasilkan banyak uang, kita seharusnya memakainya untuk kemuliaan Tuhan. Akhirnya, milikilah tjuan seorang pembangun Kerajaan, bukan hanya pembangun kekayaan.
3.     Untuk melakukan apa yang mampu dilakukan. Tidak ada orang lain yang dapat memainkan peran kita, Karena mereka tidak mempunyai bentuk yang unik yang diberikan Tuhan kepada kita. Alkitab berkata bahwa Tuhan memperlengkapi kita ”dengan segala yang baik untuk melakukan kehendak-Nya.” Untuk menemukan kehendak Tuhan untuk kehidupan, kita seharusnya memeriksa dengan sungguh-sungguh apa keterampilan kita dan apa yang tidak. Tuhan Tuhan tidak akan pernah meminta kita untuk mendedikasikan kehidupan kita pada suatu tugas yang untuknya kita tidak mempunyai bakat. Ingat, kemampuan itu diberikan bukan sekedar untuk mencari nafkah.
S H A P E: Memakai Kepribadian Anda
Keunikan kita adalah fakta ilmiah dari kehidupan ketika Tuhan menciptakan kita. Tidak pernah ada dan tidak akan pernah ada seseorang yang sama persis seperti kita. Itu artinya, Dia menyukai keberagaman. Sebagian orang bekerja dengan baik ketika sendirian, sebagian lain dengan berkelompok. Alkitab memberikan kita banyak bukti bahwa Tuhan memakai semua jenis kepribadian. Kepribadian [Kholerik, Sanguin, Melakolik dan Flegmatik] mempengaruhi bagaimana dan dimana kita memakai karunia dan kemampuan/bakat rohani kita. Oleh sebab itu, jangan sekali-kali meniru pelayanan orang lain, Karena setiap kita diciptakan unik. Rasanya menyenangkan melakukan apa yang Tuhan ingin kita lakukan.
S H A P E : Memanfaatkan Pengalaman-Pengalaman Anda.
Kita telah dibentuk dalam pengalaman-pengalaman dalam hidup yang kebanyakan di luar kendali kita. Tuhan mengizinkannya untuk pembentukan kita. Dalam menentukan SHAPE kita untuk melayani Tuhan, kita harus memeriksanya setidaknya enam pengalaman dari masa lalu kita.
1. Pengalaman Keluarga : Apakah yang kita pelajari ketika bertumbuh dalam keluarga?
2. Pengalaman Pendidikan : Mata pelajaran apakah yang kita suka?
3. Pengalaman Pekerjaan : Pekerjaan apakah yang paling efektif dan paling disukai?
4. Pengalaman Rohani : Waktu apakah yang paling berarti bersama Tuhan?
5. Pengalaman Pelayanan : Bagaimanakah kita melayani Tuhan di masa lalu?
6. Pengalaman yang Menyakitkan : Masalah, luka, duri dan pencobaan apakah yang kita pelajari?
Pengalaman yang menyakitkan, yang paling Tuhan pakai untuk menyiapkan kita untuk melayani. Tuhan tidak pernah menyia-nyiakan sebuah luka. Bahkan pelayanan kita paling besar kemungkinan berasal dari luka hati yang paling besar. Tuhan dengan sengaja mengizinkan kita mengalami hal-hal yang menyakitkan untuk memperlengkapi kita agar dapat melayani orang lain [2 Kor 1:4].
Jika kita ingin benar benar dipakai Tuhan, kita harus mengerti sebuah kebenaran yang kuat: Pengalaman-pengalaman yang kita benci atau sesali dalam hidup–yang ingin disembunyikan atau dilupakan—-adalah pengalaman-pengalaman yang Tuhan ingin pakai untuk menolong orang lain. Itu adalah pelayanan kita!
Agar Tuhan dapat memakai pengalaman-pengalaman yang menyakitkan itu, kita harus rela membagikannya. Kita harus berhenti menutupinya serta dengan jujur mengakui kesalahan , kegagalan dan kekuatan kita. Melakukan ini mungkin akan menjadi pelayanan kita yang paling efektif. Orang selalu merasa dibangkitkan semangatnya ketika kita berbagi bagaimana anugerah Tuhan membantu kita dalam kelemahan dibandingkan dengan jika kita membanggakan kekuatan kita [2 Kor 1:8-10]. Kita akan menjadi paling efektif ketika kita memakai karunia-karunia rohani dan kemampuan di area yang sesuai dengan keinginan hati kita, melalui ekspresi kepribadian dan pengalaman kita yang terbaik.

Ayat Hafalan: “Layanilah seorang akan yang lain, sesuai dengan karunia yang telah diperoleh tiap-tiap orang sebagai pengurus yang baik dari kasih karunia Allah.” 1 Petrus 4:10.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”