"Pentingnya Nilai-Nilai Yang kita Anut"

Mazmur 11
(Roots and Wings)
Tak sedikit orang yang mencoba menggoda kita dengan memberi nasehat untuk berkompromi dengan nilai-nilai dunia dan mempertaruhkan nilai Alkitabiah. dan Pemazmur menasehati pembaca untuk setia pada Tuhan.
Godaan itu tidak akan pernah berhenti! Mereka digambarkan seperti pemanah yang siap memanah dari tempat tersembunyi (ay.2). Sampai seakan-akan tidak ada yang dapat dilakukannya untuk menyelamatkan dirinya (ayat 3). MEMANG saat kita menetapkan diri pada kebenaran, 'musuh' akan datang silih berganti.
Dari semua hal itu, yang penting nilai-nilai yang kita anut harus 'firm' menjadi pegangan hidup. Kalau kita tegas, maka (walau tak jarang kita bisa goyah, namun tidak akan pernah jatuh) kita akan lebih kuat menghadapi dan mengatasi satu demi satu rintangan yang menghadang KARENA ada MATA Tuhan yang melindungi (ay.4).
Bagaimana kita TETAP bisa mempertahankan NILAI Alkitabiah dalam kesulitan hidup?
1. INGAT Tuhan adalah Mahatahu atau Maha melihat. Ia tahu siapa yang fasik, siapa yang benar (ayat 4-5).
2. INGAT, Tuhan itu Mahaadil (ayat 7a), Keadilan-Nya akan dinampakkan pada saatnya.
Nilai-nilai inilah yang memampukan orang benar untuk tetap bertahan walau serangan begitu dahsyat. Nilai-nilai ini juga yang meyakinkan pemazmur bahwa kesulitan dan penderitaan bukanlah akhir dari segala- galanya, sebab akhir dari segala-galanya adalah ketika ia dapat memandang wajah-Nya dan penghakiman orang fasik dijatuhkan.
Refleksi: Nilai hidup apakan yang sedang kita jalani selama ini? Itulah yang menentukan siapa diri kita sesungguhnya!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”