"Tak Teralihkan Oleh Hal Lain"

Mazmur 13
(Roots and Wings)
Mazmur ini adalah ekspresi ratapan yang dalam dari seorang yang teraniaya, untuk mendapatkan pertolongan dari Tuhan, ditengah-tengah imannya kepada-Nya.
Dalam kejelasan iman yang teguh dan kepada keadilan Allah, penulis sangat mudah fokusnya teralihkan oleh kesulitan demi kesulitan yang sedang melanda hidupnya. Oleh sebab itu,
(1). Dia berdoa "Ya TUHAN, Allahku! Buatlah mataku bercahaya... (ay.4). Ia berharap 'mata rohani'nya tak tertutupi oleh masalah berat yang dihadapinya.
Tak jarang, masalah demi masalah yang melanda kita bertubi-tubi, mengABURkan pandangan atau fokus untuk MELIHAT mana yang UTAMA dalam kehidupan kita.
(2) Iman kepada kasih setia Tuhan, tidak tergoyahkan. Kata "goyah" yang dipakai di ayat 5 kurang kuat untuk menggambarkan goncangan bak gempa bumi atau tsunami yang memporak-porandakan segala hal yang dimilikinya. Fokus kepada kesetiaan Tuhanlah yang membuat dia bangkit dan bersorak-sorai, seakan penyelamatan sudah berlangsung (lihat kata 'TELAH' berbuat baik kepadaku ay.6).
Pandangan yang terus berfokus kepada Allah sangat penting dalam setiap kehidupan kita. Melalui Mazmur ini kita belajar ketika adanya kesenjangan antara pemeliharaan-Nya dan kehadiran-Nya di tengah-tengah kehidupan kita, makin membuat kita terus untuk NAIK iman atau TURUN iman.
DOA: Mampukan hari ini, kami melihat terus kepada-Mu. Jagailah mata ini untuk melihat dan merasakan HADIRAT-Mu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahan Komsel: MENJADI ORANG KRISTEN YANG MENULAR

“Persembahan Pembangunan Gereja”

“Keluarga yang Menjadi Kawan Sekerja Allah”